daftar iklan jual beli lokal

Cara pengurusan Surat Izin Industri Pangan atau P-IRT

Dokumen untuk izin usaha industri rumah tangga atau kata yang tenarnya sekarang ini Home Industri untuk teman-teman tentu sudah pernah mendengarnya untuk nama usaha Home Industri. Nah bagi Teman-teman yang memiliki usaha yang bidang usaha seperti makanan ringan, jajanan yang berbentuk kemasan, dan lain-lainnya yang merupakan produksi yang dikerjakan secara kelompok maupun keluarga sendiri jangan lupa nih untuk mengurus dokumen yang disini admin mencoba share dalam judul penulisan disitus ini yaitu cara mengurus surat P-IRT.

P-IRT singkatan dari dari (Pangan Industri Rumah Tangga). Dapat disebutkan P-IRT adalah sertifikat pangan untuk produsen pangan (makanan serta minuman) yang dibuat oleh industri sekala rumah tangga, yakni perusahaan pangan yang mempunyai area usaha di hunian dengan peralatan pengolahan pangan manual sampai semi otomatis. Baik dikerjakan dengan nama usaha kelompok maupun usaha keluarga.

Umpamanya industri Mie atau Teh di Dumai,(Ga saya sebut yaa) teman teman tentu sudah tahu nama dan tempat industri / pabrik Mie Kuning dan Teh dari Dumai. Nah industri tersebut yang pabrik pembuatannya beralamat pada tempat tinggal produsen pembuatnya. Rumah tangga yang dimaksud yaitu bukan hanya tempat tinggal, tetapi juga yang mempunyai ruangan produksi terpisah dari ruangan–ruangan lain dalam tempat tinggal itu.

Sertifikasi P-IRT harus dimiliki oleh pengusaha yang menggerakkan industri makanan serta minuman sekala rumah tangga, lantaran dengan mempunyai sertifikat P-IRT maka industri makanan serta minuman dapat lebih diterima oleh retail–retail besar, seperti mall, supermarket serta agen grosir.

Tak gampang untuk memperoleh sertifikat P-IRT ini, mesti melalui berbagai proses pengujian, ya singkat kata seperti pingin bisa memperoleh ijazah maka mesti ujian terlebih dulu. Sertifikat P-IRT dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten/ Kota yang ada di setiap provinsi, sesudah melewati bagian–bagian atau ketentuan yang telah diputuskan.

Nah bagi teman-teman yang belum tahu bagaimana cara mendapatkan dokumen / surat izin yang dimaksud disini admin mencoba share contoh prosedur cara pengurusan P-IRT:

Datang ke kantor Dinas Kesehatan Kota Dumai untuk mengajukan permintaan pengurusan P-IRT. Sebelum saat berangkat agar efisien dapat juga meminta bantuan teman/kerabat yang kenal nama nama tempat kantor Dinas di kota Dumai via telp untuk memandu lokasi kantor Dinas Kesehatan Kota Dumai terlebih dahulu atau mencari tahu alamat kantor bisa di cek disini :

Sesampainya di kantor Dinas yang dimaksud, segera saja menuju ke sisi pengurusan P-IRT, ketemu petugas. Dibagian ini teman-teman bakal diberikan satu bundel dokumen yang perlu di isi, yakni :

  • Lembar surat permohonan mengikuti penyuluhan untuk teman sebagai produsen makanan serta minuman (ini syarat untuk memperoleh sertifikat P-IRT).
  • Lembar data fasilitas produksi, mencakup fasilitas produksi yang teman miliki.
  • Lembar data produksi makanan.

Lampiran lain yang perlu disiapkan dalam pengurusan P-IRT ini, yakni :

  • Hasil uji mutu Air dari Puskesmas paling dekat,
  • Foto copy KTP pemohon yang berlaku (1 lembar),
  • Denah/peta lokasi area produksi (1 lembar),
  • Pas photo berwarna 3 x 4 (4 lembar),
  • Design label paket/merk yang akan dipakai (2 lembar).

Sesudah mengambil formulir itu, pada tahap lengkapi serta kembalikan berkas pada hari selanjutnya dibarengi dengan lampiran yang itu pada point 3.

Pada hari tersebut sesudah teman kembalikan berkas itu berikutnya bakal diberi penjelasan untuk menanti surat undangan untuk ikuti penyuluhan sertifikasi P-IRT anda.

Berikut contoh formulir mengajukan P-IRT :

No. :
Lamp:
Hal:

Pada Yth :
Bapak Walikota Dumai
Cq. Kepala Dinas Kesehatan
Kota Dumai

Dengan hormat,

Kami yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama
Alamat
No. Telp
Mengajukan permintaan untuk peserta penyuluhan produsen makanan serta minuman untuk syarat memperoleh Sertifikat Penyuluhan serta Sertifikat Produksi Pangan Industri RumahTangga SPP – IRT di lokasi Kota Dumai

Bersama surat ini kami lampirkan dokumen seperti berikut :
1. Foto copy KTP pemohon yang tetap berlaku (1 lembar
2. Data fasilitas produksi (1 lembar)

Tanda tangan dengan nama sesuai nama pemohon dengan jelas.

Demikianlah cara pengurusan surat P-IRT untuk produsen industi makanan dan minuman, semoga tulisan ini dapat memberikan wawasan dan teman-teman dapat mengurus nya sendiri di Dinas terkait.

Jangan Lupa Share dan mendapatkan manfaat bagi rekan atau teman yang belum sempat tahu cara pengurusan untuk Dokumen izin P-IRT di Kota Dumai

Salam sukses semoga Teman

By Admin


Hosting Unlimited Indonesia