10 Tempat Wisata Keluarga Di Dumai

Berlibur Dan Menikmati Perjalanan untuk Berwisata menjadi momen kebahagian tersendiri bagi kita dan dan dalam rangka menjalin ke kompakan sesama teman, komunitas, relasi maupun keluarga. Apa lagi saat Libur panjang dan ingin jalan jalan ke kota Dumai yang di kenal dengan kota di pesisir selatan di pulau sumatera dan berbatasan dengan negara tetangga seperti malaysia. dan juga pintu masuk pelabuhan internasional yang terkenal se Indonesia.

Bagi Anda yang kebetulan sedang ingin merencanakan momen liburan di Kota dumai disini akan kita share post 10 tempat wisata keluarga di dumai semoga bermanfaat.

Kita langsung Saja pada TKP yach

1.Pantai Marina

Pantai Marina, Ini bukan seperti pantai nya yang di batam yach, klo di batam klo sesuai nama nya ada marina beac. Nah ini Pantai marina di dumai. Lokasi : di teluk makmur, Kec Medang kampai.

Pantai ini merupakan salah satu pantai dengan fasilitas yang cukup memadai. Pantai ini menyediakan pondok kayu untuk tempat istirahat. Anda juga dapat disuguhkan aneka sajian kuliner oleh pedagang dari setiap pondok ada penjual yang akan menyajikan kuliner unggulannya untuk dapat anda pesan dan  Anda saat menikmati hembusan angin laut

Pantai ini terletak kurang lebih 15-20 km dari pusat kota dengan akses jalan mudah di capai karena jalur jalan yang sering di lalui untuk menuju kearah Pelintung area jalur yang padat transportasi untuk mobil industri di pelintung.. Pantai marina menyediakan area parkir yang luas dan tentunya aman. Pantai ini memiliki bentangan alam yang indah dan terdapat beberapa batuan besar di pesisir pantai. Pantai marina sangat cocok dijadikan sebagai tempat berlibur untuk sekadar menghilangkan penat.

Anda disuguhi pemandangan para nelayan yang beraktifitas berlayar mencari ikan di bibir pantai saat pantai surut. Pemandangan sunset maupun sunrise di pantai ini membuat semua orang terpesona akan keindahan alam yang begitu memanjakan mata.

2. Pantai Koneng

Pantai Koneng Salah satu pantai yang dimana kenal di Dumai dengan pesona pantai pasir nya yang berwarna kuning terletak di kecamatan medang k0ampai. jika di telusuri jalan menuju pantai nya dari arah pusat kota,  Kita cukup mengarah ke arah pelintung kecamatan medang kampai. Sekitar 40 - 45 Menit stay sekitar 19.9 km lewat Jalan pusat Kota seputaran bundaran jl putri tujuh Dumai.

Disisi Kiri jalan akan terlihat nantinya spanduk yang menandakan Pantai Koneng.  Area jalan pelintung - medang kampai sangat banyak tempat wisata pantai jadi jangan salah masuk pintu masuk pantai, y'all, in nginnya keep pantai koneng  Malah kesasar pula pantai lain.  

Pemandangan atau pesona pantai koneng sangat unik,  garis pantai nya melengkung seperti tanjung yang mencorong ke tengah laut jadi kita jika ingin berenang di kelilingi bibir pantai saat di sisi yg seperti mencorong ke arah laut.

Selain bibir pantai yang unik,  pasirnya juga unik.  Dimana paduan warna pasir yg Dari jauh terlihat putih begitu di dekati berwarna kuning. 

Aktifitas sajian kuliner dari pedagang dapat di nikmati di gazebo gazebo yang berdiri di tepi pantai yg berdekatan langsung dengan jejeran pasir tempat kita bermain di pasir pantai. Tinjau Pantai Koneng

3. Bandar Bakau Dumai

Tempat wisata keluarga bagi pecinta pamandangan Hutan mangrove. Suasana berada di hutan mangrove yang dapat di nikmati cukup dekat di kota Dumai. 

Terletak di Jl Nelayan Laut kelurahan Ratusima Dumai selatan. Pesona yang kita nikmati memyusuri jalan berlorong di titian jembatan yang di mana setiap titik lorong jalan di sediakan tempat singgah seperti pondok untuk duduk rehat sambil menikmati pesona pohon bakau yang rimbun dan udara sejuk.

Sambil santai pengunjung dapat memanfaatkan pesona laut di pingirnya hutan bakau, aktifitas yang dapat dilakukan bisa dengan berswafoto atau bercengkerama bersama keluarga sambil bersantap sajian kuliner yang di jual oleh pedagang yang memiliki gazebo atau pondok kuliner yang ada di dalam hutan mangrove.  Unik dan pemandangan yang sangat cantik untuk bersantai bersama keluarga.

4. Goa Pelintung

Wisata pemandangan goa bagi pecinta petualang menyusuri Goa,  di Dumai. Juga Ada nih Sob,  bagi yg penasaran goa nya kayak apa.  Semoga ini dapat menjadi referensi untuk di coba di kunjungi. 

Konon sejarahnya goa ini dari kisah kisah zaman Dulu,  dimana Goa ini di gunakan oleh Bajak laut sebagai tempat penyimpanan harta Karun milik nya.  Namun sampai saat ini harta karun yang telah di simpan di Goa ini sampai Saat ini tidak pernah ditemukan. Ini dari cerita cerita dulu nya ya sob.  Jadi cerita tersebut kebenarannya masih di ragukan.

Goa ini di kenal dengan nama Goa  sesuai pada lokasi atau tempat nya. Lokasi Goa ini berada di desa pelintung  - kecamatan medang kampai kota dumai,  jarak tempuhnya sekitar 30 - 35 km Dari pusat kota 

Pamandangan di dalam Goa berupa Goa dimana adanya stalakmik stalakmit yang menyimpan keindahan alam unik di dalam Goa 

5. Pantai Purnama 

Pesona pantai di area purnama dekat dengan kota dekat dengan dermaga pelabuhan baik dermaga pelabuhan penumpang domestic maupun internasional

Promotion : Top On Sale Product Recommendations!;2023 New K918 MAX GPS Drone 4K Professional Obstacle Avoidance 8K DualHD Camera Brushless Foldable Quadcopter RC Distance 1200M

Tidak perlu bingung untuk aktivitas yang dilakukan pada tempat wisata ini dan tentunya cocok untuk anda dan keluarga atau istilahnya wisata pantai keluarga.  Berikut beberapa aktivitas yang bisa anda lakukan disini antara lain: Menikmati aktifitas moda transportasi laut baik kapal penumpang umum , kapal dagang dan kapal industri dari pinggir pantai laut bertenda atau gazebo yang unik dan cantik tempat berkumpul dan bercengkrama

Sangat jarang, untuk seseorang bisa menikmati, dengan pemandangan aktifitas transportasi laut yang diberikan sangatlah indah.  Area Pantai yang memiliki Gazebo atau pondok pondok bersantai bersama keluarga atau membuat agenda makan bersama sambil menikmati pamandangan laut Disini, anda bisa menikmati mengabadikan momen kebersamaan di pinggir pantai ini ya!

6. Taman Bukit Gelanggang

Tempat wisata di pusat kota,  area publik bagi masyarakat tempat wisata ini sangat cocok untuk wisata keluarga dimana tempat wisata ini berupa taman besar yang berada di tengah Kota

Terletak Di jalan HR Soebrantas sebagai tempat masuk via pintu gerbang taman,  memakirkan kendaraan nya,  kita dapat juga masuk dari pintu samping Jl Soedirman dimana untuk pintu samping ada kampung kuliner yang dapat memenuhi kebutuhan oleh oleh atau jajanan kuliner di Area taman bukit gelanggang 

Jajanan kuliner khususnya memiliki waktu hanya sore dan malam hari.  Karena para pedagang hanya berjualan pada sore hari dan malam hari setiap hari. 

Taman ini Ruang terbuka publik dimana pengunjung dapat bersama keluarga dapat melakukan aktifitas lainnya seperti ber olahraga di sepanjang taman dan taman ini memiliki jalur jogging track bagi yang suka jogging.

Ditaman ini bagi pengunjung dapat juga memanjakan anak kesayangan nya bermain Di tempat permainan anak anak berupa penyewaaan permainan anak anak  mulai dari istana balon,  pancing mini anak, Becak mini,  motor sport , dan Mobil sport dengan mengunakan remoot bagi anak anak.

Taman ini oleh pemerintah kota dumai jika ada kegiatan seremonial bagi daerah dijadikan tempat berkumpul seperti upacara gabungan semua instansi,  tablig Akbar, dll.

7. Dermaga Pelabuhan TPI

Tempat Penampungan Ikan di Dumai di kenal dengan sebutan Pelabuhan TPI terletak di kelurahan Purnama - Kecamatan Dumai Barat. 

Tempat ini menjadi tempat wisata bagi masyarakat Dumai dimana setiap sore dermaga ini selalu ramai pengunjung. Aktifitas di Area kawasan ini sebenarnya adalah untuk kegiatan pelabuhan milik pemerintah dimana fungsi dermaga untuk datang dan berangkatnya kapal  tentunya sebagai tempat bersandar kapal.

Bagi masyarakat aktifitas nelayan dan sandarnya kapal di pinggir menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung melihat kapal dan aksi nelayan sedan turunkan ikan hasil tangkapan nya.

Sebagaian pengunjung selain melihat kapal bersandar ada juga membawa kail dan beraktifitas memancing di pinggir dermaga. 

Dermaga TPI oleh pemerintah setempat untuk menata lokasi ini menjadi tetap dapat dinikmati masyarakat untuk wisata keluarga di tata juga tempat wisata kuliner oleh pemerintah setempat dengan telah tersedia stand stand aneka kuliner. Jadi pegunjung dapat menikmati aneka kuliner sambil menikmati pamandangan dermaga yang ramai dengan aktifitas kapal bersandar dan berangkat berlayar. 

8. Pantai Batu Bintang

Lokasi wisata pantai ini berada di daerah kecamatan Dumai barat kelurahan purnama, berdekatan dengan dermaga pelabuhan TPI ,  area penyebrangan Roro dumai dan pelabuhan Domestik Dumai. Lokasi alamat untuk menuju ke pantai ini beralamat di Jl Cut Nyak Dien  Gg Stell bersebelahan di samping SMKN 1 Dumai  camat Dumai, atau dikenal dengan Sekolah SMEA Dumai dulunya. 

Untuk aktivitas yang dapat dilakukan pada tempat wisata ini Sangat cocok untuk keluarga dan berkumpul sambil menikmati jamuan aneka masakan sendiri yang dibawa dari rumah maupun aneka makanan atau kuliner di yang di jual oleh pedagang di area pantai ini,  dan tentunya cocok untuk anda kunjungi seperti briefing keluarga,  relationships kantor atau komunitas,  serta acara kumpul bareng dengan orang orang yang kita cintai. 

Selain untuk bercengkrama atau berkumpul bersama keluarga,  kita dapat juga Menikmati pemandangan laut yang padat aktifitas moda transportasinya seperti baik aktifitas kapal penumpang umum di Pelabuhan penyebrangan Ro Ro Dumai, kapal dagang dan kapal industri dari pinggir pantai laut sambil bertenda atau duduk santai di Gazebo yang banyak berdiri di bibir pantai pesona Batu Bintang. 

9. Waterbom Atlantik Bagan Besar

Atlantik Waterboom merupakan tempat Wisata keluarga untuk menikmati pemandian untuk dewasa, remaja dan anak anak serta wahana permainan di air.

Tempat ini menawarkan berbagai macam wahana yang ada. Terutama, untuk spot instagramable di wahana Air juga begitu melimpah. Jadi, tidak heran jika banyak masyarakat yang mengunjunginya. Karena, merupakan pilihan favorit dalam wisata pemandian dan permainan air di Dumai.

Lokasi tempat rekreasi ini untuk rute nya Sangat mudah karena berdekatan dengan jalan raya di daerah bagan besar Dumai. Lokasi dari wisata berada di Jl. Soekarno - Hatta Kecamatan Bukit Kapur. Berdekatan dengan Jalan Lintas Pintu Masuk Gerbang Tol - Dumai - Pekanbaru.

Tempat Rekreasi ini Menawarkan suasana  yang begitu sejuk dengan keindahan dari wisatanya. Jadi, sangat di rekomendasikan agar dapat anda kunjungi!

Di taman ini, terdapat banyak sekali wahana yang bisa anda kunjungi. Tentunya, semua sesuai dengan keinginan. Berikut beberapa wahana yang ada: 

Wahana Kolam tempat berenang Tentunya, menjadi media tujuan rekreasi dalam berlibur. Sangat menyenangkan bukan jika berenang memiliki tempat sesuai untuk peruntukan nya baik untuk kolam Dewasa atau kolam Dalam, untuk anak anak untuk bermain air dan wahana seluncuran nya? Wahana yang tersedia meliputi: 
  • Kolam Renang Untuk Dewasa (Kolam Kategori Dalam
  • Kolam Renang untuk remaja ( Kolam Kategori Sedang / Tidak terlalu dalam , hanya sekitar 1 Meter. )
  • Seluncuran Raksasa 3 Bh
  • Ember Raksasa 
  • Jembatan di kolam anak
  • Gazebo beton Di tengah Kolam

10. Hutan Wisata Dumai 

Tempat wisata yang sangat menarik untuk Di kunjungi bagi pengunjung yang suka suasana hutan serta sarana belajar mengenal hutan beserta aneka pohon yang ada di hutan

Hutan ini di tata dengan menjadikan sebagai tempat wisata bagi pengunjung mengenal hutan,  lokasi tempat wisata ini berada Di jl.  Soekarno Hatta,  display area berdekatan dengan sekolah SMPN 3 Dumai Bukit Jin

Objek kunjungan terutama bagi wisatawan yang ingin piknik menikmati suasana hutan yang nyaman,  sejuk,  udara bersih,  serta satwa hewan liar untuk dapat dilihat.

Wisatawan menyusuri jalan kedalam hutan sambil dapat menikmati pemandangan area hutan yang bersih,  juga wisatawan juga dapat wawasan mengenal aneka pohon yang dimana setiap jenis pohon telah ada papan nama untuk jenisnya. Berlibur sambil belajar di hutan wisata. 

Nah Demikianlanlah 10 tempat wisata keluarga di dumai semoga bermanfaat.