Ini Dia Manfaat Taekwondo Yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh

Taekwondo ialah salah satu olahraga bela diri yang memerlukan fisik kuat. Adapun manfaat taekwondo jika berlatih dan melakukannya dengan benar. Artikel ini membahas manfaat tersebut.

Taekwondo menjadi seni bela diri asal korea selatan yang sudah sangat terkenal di Indonesia. Seni bela diri termasuk ke dalam golongan yang didasarkan kepada kecepatan dan tingginya tendangan. Taekwondo sendiri menjadi olahraga bela diri yang ditujukan bagi semua umur. Manfaat taekwondo bagi kesehatan bisa menjadikan tubuh menjadi bugar dan lebih sehat. Selengkapnya mengenai manfaat taekwondo akan dibahas pada artikel ini

Para taekwondoin tidak hanya menjadikan taekwondo menjadi sarana untuk memperoleh gelar juara dari setiap pertandingan. Namun, taekwondo juga bisa menjadi sarana untuk menyehatkan tubuh jika dilihat dari beberapa manfaat taekwondo

Manfaat Taekwondo Bagi Kesehatan

Latihan taekwondo perlu dilakukan dengan baik dan benar agar tidak terjadi cedera yang serius dan membuat Anda tidak bisa berlatih lagi. Ketika Anda berlatih dengan benar, maka manfaat taekwondo yang bisa menyehatkan tubuh bisa diperoleh. Lalu apa saja manfaat taekwondo yang bisa menyehatkan tubuh? Berikut penjelasannya:

  • Melancarkan Peredaran Darah

Ketika sedang berlatih taekwondo, maka otot otot akan terlibat dalam setiap gerakan yang dilakukan. Dari otot otot yang ikut serta bersama gerakan tersebut, maka peredaran darah juga menjadi terpacu. Hal ini terjadi karena seni bela diri taekwondo membutuhkan banyak oksigen untuk setiap gerakan yang dilakukan. Nah, dengan banyaknya oksigen yang ada dalam tubuh maka bisa melancarkan peredaran darah.

  • Menyehatkan Jantung

Seperti yang sudah dijelaskan pada pembahasan sebelumnya bahwa taekwondo melibatkan semua otot dalam tubuh. Otot dalam tubuh yang dilibatkan tersebut termasuk otot otot jantung. Hal ini bagus untuk tubuh karena bisa meningkatkan fungsi kerja dari jantung serta menyehatkannya secara menyeluruh. Apabila Anda berlatih taekwondo selama 30 menit setiap harinya, maka bisa membantu tubuh agar lebih segar.

  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Dampak positif taekwondo pada tubuh berikutnya yaitu bisa membantu menurunkan berat badan. Hal ini terjadi karena ketika detak jantung meningkat ketika berlatih taekwondo, maka sirkulasi darah juga ikut meningkat. Hal ini memicu oto otot menjadi aktif, sehingga tubuh juga dipaksa untuk membakar lebih banyak kalori yang ada dalam tubuh. Dengan terbakarnya kalori tersebut, maka berat badan juga menjadi turun. Teraturlah berlatih taekwondo untuk menjaga berat badan yang ideal.

  • Menguatkan Otot dan Meningkatkan Stamina

Dengan Anda berlatih taekwondo, maka bisa menguatkan otot otot, tulang, tendon, dan ligamen. Dengan bertambahnya kekuatan otot, maka tenaga juga semakin kuat. Hal ini berhubungan dengan meningkatnya stamina dalam tubuh. Meningkatnya stamina ini terjadi karena kinerja jantung yang lebih aktif saat sedang berlatih taekwondo. Dengan meningkatnya stamina ini maka tubuh bisa bekerja lebih lama dan tidak mudah lelah.

  • Manfaat Taekwondo dalam Kesehatan Psikis

Jika pada pembahasan sebelumnya telah dijelaskan manfaat latihan taekwondo pada kesehatan tubuh, selanjutnya akan dijelaskan manfaatnya dalam kesehatan psikis. Berikut beberapa manfaat dari berlatih taekwondo untuk kesehatan psikis pada setiap orang:

  • Lebih Percaya Diri

Dengan Anda berlatih taekwondo, maka bisa membantu dalam membangun rasa percaya diri yang sempat menghilang. Hal ini karena dengan berlatih taekwondo bisa memacu untuk lebih berlatih dengan baik agar berhasil dalam setiap pertandingan. Selain itu, berlatih taekwondo juga bisa membuat diri kita mampu mengambil kendali terhadap hidup diri sendiri tanpa mengenal rintangan apapun.

  • Menjadi Lebih Disiplin

Kedisiplinan tentu bisa dibangun dengan Anda berlatih taekwondo. Karena dengan Anda berlatih taekwondo, tidak hanya fisik saja yang dilatih namun tubuh dan pikiran juga dilatih. Pikiran akan dilatih dengan mempelajari prinsip prinsip dan beberapa teknik yang diajarkan dalam taekwondo. Hal tersebut bisa membuat kedisiplinan menjadi terbangun seiring Anda berlatih taekwondo.

  • Menguatkan Tubuh dan Pikiran

Taekwondo tidak hanya mementingkan kekuatan fisik saja, melainkan bisa berdampak positif juga bagi perkembangan mental. Hal ini bisa terjadi karena taekwondo membantu menguatkan tubuh dan pikiran karena dalam taekwondo mengajarkan koordinasi antara fisik dan kedisiplinan mental.

  • Mengajarkan Bertahan Diri

Dalam taekwondo, tentu tidak hanya diajarkan mengenai teknik serangan saja melainkan teknik bertahan juga. Dalam taekwondo bisa mengajarkan bagaimana cara untuk bersikap serta mengambil alih situasi yang berbahaya menjadi situasi menguntungkan bagi kita.

Manfaat Taekwondo Bagi Perempuan


Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa seorang taekwondoin tidak hanya laki laki saja, namun perempuan juga sudah banyak yang belajar taekwondo. Hal ini dikarenakan perempuan harus bisa melakukan pertahanan diri ketika dirinya sedang diganggu atau terancam oleh orang lain. Dengan menguasainya teknik teknik pertahanan diri tersebut maka seorang perempuan bisa menjaga dirinya. Berikut beberapa manfaat taekwondo bagi perempuan:

Tingkat kompetisi bagi anak perempuan lebih tinggi dan kebanyakan berhubungan dengan pergaulan. Banyak anak perempuan yang berjuang dengan tekanan untuk dapat bersaing dengan anak perempuan lainnya, misalnya mengenai akademik. Dalam seni bela diri seperti taekwondo akan difokuskan untuk perbaikan diri dan bukan berusaha untuk menjadi yang terbaik dari pada saingannya.

Seorang perempuan tentu akan kesulitan menjawab ketika ditanya oleh orang lain mengenai tujuan atau cita cita dalam hidupnya. Dalam taekwondo, mereka akan diajarkan untuk menghargai proses ketika ingin memperoleh sesuatu. Jadi, mereka bisa belajar mengenai cita cita dengan analogy seperti sabuk berwarna yang harus didapatkan dengan penuh perjuangan. Dari ujian kenaikan sabuk tersebut, maka mereka diharapkan bisa termotivasi untuk mencapai tujuan yang jelas.

Taekwondo mengajarkan kita untuk lebih berkonsentrasi dan bisa mengendalikan diri. Fokus adalah kunci dalam seni bela diri, ketika fokus hilang maka biasanya pelatih akan meminta untuk mengambil posisi siap. Anak perempuan terkenal lebih mudah meluap emosinya, maka dalam taekwondo akan diajarkan untuk lebih mengontrol diri. Dalam taekwondo juga diberikan cara supaya lebih mudah menyalurkan energi positif dalam diri sendiri.

Hubungan taekwondo dengan koordinasi tubuh tentu sudah menjadi satu hal yang satu. Dalam gerakan taekwondo yang berulang, bisa membantu anak untuk mengembangkan perasaan lebih baik pada tubuh mereka. Hal tersebut berguna bagi anak anak yang berjuang dengan keterampilan motorik mereka. Dalam taekwondo juga bisa membantu anak dalam memahami kekuatan pikiran dalam hal pengendalian.

Taekwondo diciptakan salah satunya untuk melindungi diri dalam hal yang positif. Jadi, sudah jelas di sini bahwa taekwondo tidak ditujukan untuk tindakan kejahatan. Perlindungan diri ini digunakan ketika kita sedang terancam nyawanya. Semisal ketika kita berjalan di tempat yang sepi dan ada banyak orang ingin berbuat jahat kepada kita. Nah, pada kondisi tersebut maka taekwondo bisa digunakan sebagai perlindungan diri.

Sekian beberapa manfaat taekwondo bagi kesehatan tubuh dan kesehatan psikis. Taekwondo juga memiliki manfaat khusus bagi anak perempuan. Semoga artikel ini dapat membantu Anda memahami manfaat dari berlatih taekwondo.

0 Komentar