Nama Tekhnik dan Jurus Jurus Taekwondo Berikut Gambar Gerakan Jurus Mematikan Taekwondo


Nama Tekhnik dan Jurus Jurus taekwondo Mematikan Beserta Gambarnya

Taekwondo merupakan seni bela diri yang menggunakan kaki dan tangan dalam gerakan. Jurus taekwondo mematikan bisa membuat lawan menyerah. Lalu apa saja jurus mematikan tersebut?


Gerakan dalam bela diri taekwondo menggunakan tangan dan kaki. Namun, gerakan taekwondo lebih banyak menggunakan kaki dari pada tangan


Bela diri yang berasal dari korea selatan ini cukup terkenal akan tendangannya. Dari tendangan tersebut digabungkan antara kekuatan mental dan keterampilan fisik saat menggunakannya dan bisa menjadi Jurus taekwondo mematikan


14 gerakan dasar taekwondo perlu Anda pelajari sebagai dasar dalam seni bela diri.


Dalam latihan taekwondo lebih fokus kepada keseimbangan, stamina, kecepatan, serta fleksibilitas. Taekwondo ini telah meningkat secara tajam setelah perang dunia II dan menjadi salah satu seni bela diri yang populer dan memiliki lebih dari 30 juta anggota serta tersebar di 100 negara termasuk Indonesia. Seni bela diri yang sangat populer di Indonesia ini mementingkan kecepatan dari kaki karena lebih banyak dalam melakukan tendangan. Simak selebihnya untuk mengetahui jurusnya.


Jurus Taekwondo Mematikan untuk Anda Para Pemula

Beberapa Jurus taekwondo mematikan perlu Anda pelajari dengan serius karena tidak mudah untuk menguasainya. Perlu keuletan dan ketelitian dalam latihan taekwondo supaya setiap gerakan yang diberikan oleh guru bisa dipelajari dan diaplikasikan dengan baik. Berikut akan diberikan beberapa penjelasan mengenai nama gerakan taekwondo beserta gambar yang perlu Anda ketahui:


Kyukpa Taekwondo

Kyukpa taekwondo sendiri merupakan teknik pemecahan benda keras menggunakan sasaran objek benda mati. Objek benda mati ini bisa berupa genting, batu bata, hingga papan kayu. Selain kyorugi dan poomsae, teknik ini juga dipelajari ketika Anda berlatih seni bela diri taekwondo. Tujuan dari berlatih teknik kyukpa adalah untuk menguji ketepatan dan kekuatan dari teknik dasar dalam taekwondo, yaitu tendangan, pukulan, sabetan, dan tusukan dengan jari.


Teknik Tendangan 

Taekwondo mempunyai banyak jenis tendangan yang populer dan mematikan. Ada beberapa jenis teknik tendangan atau Chagi yang wajib dipelajari terlebih dahulu. Berikut beberapa jenis teknik dasar tendangan:


Ap Chagi



Tendangan ini dilakukan mengarah ke depan dengan sasarannya yaitu daerah perut dan bagian kepala. Kaki yang digunakan pada Ap Chagi yaitu bagian ujung depan dari telapak kaki.


Dollyo Chagi



Teknik Dollyo Chagi merupakan teknik tendangan yang mengarah ke samping. Cara mudah yang bisa Anda pelajari pada teknik ini yaitu dengan memutarkan pinggang serta menendang ke arah perut dan kepala. Bedanya dengan Ap Chagi, pada Dollyo Chagi tendangannya mengarah ke samping.


Deol Chagi



Tendangan Deol Chagi merupakan teknik tendangan dengan posisi mencangkul dan mengarah ke depan. Kaki yang digunakan pada teknik ini yaitu dengan menggunakan tumit dan sasarannya adalah kepala. Untuk bisa melakukan Deol Chagi, Anda harus mengangkat kaki setinggi mungkin dan menghempaskannya seperti gerakan mencangkul. Tendangan ini bisa menjadi teknik yang mematikan bagi lawan.


Yeop Chagi



Teknik tendangan Yeop Chagi dilakukan dengan arah menyamping, yaitu arahnya bisa ke kiri maupun ke kanan dengan pisau kaki. Jadi, Anda bisa melakukan teknik tendangan ini dengan posisi badan yang menghadap ke samping. Dengan posisi badan yang menghadap ke samping tersebut, maka Anda bisa menggunakan pisau kaki untuk melakukan tendangan ke arah lawan.


Dwi Chagi



Teknik yang satu ini merupakan teknik tendangan yang arahnya ke belakang. Teknik ini dilakukan dengan mengangkat lutut lalu menyentakkan kaki ke arah belakang. Sasaran yang dituju dari teknik ini yaitu daerah perut dan kepala.


Dwi Hurigi



Tendangan Dwi Hurigi dilakukan dengan gerakan memutar dan diarahkan ke belakang dengan gerakan kaki seperti mengait. Arah serangan yang dituju dari teknik ini yaitu ke arah kepala dan leher.


Narae Chagi



Tenik tendangan Narae Chagi merupakan tendangan ganda dan dilakukan ke arah samping. Tendangan ini dilakukan langsung sebelum kaki yang satunya turun dan menyentuh tanah. Teknik ini memerlukan konsentrasi yang tinggi, jadi Anda perlu melatihnya dengan benar.


Dolke Chagi



Teknik tendangan ini dilakukan dengan memutarkan badan ke arah belakang sejauh 360o. Tendangan ini juga biasa disebut dengan tendangan tornado.


Teknik Pukulan 

Selain teknik tendangan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, teknik pukulan juga merupakan jurus taekwondo mematikan sabuk putih. Maka dari itu, Anda perlu menguasainya dengan benar. Berikut beberapa teknik pukulan dasar yang mematikan dalam taekwondo:


Eolgol Jireugi

Teknik pukulan ini dilakukan ke arah atas dan sasarannya yaitu kepala.


Momtong Jireugi


Teknik pukulan Momtong Jireugi diarahkan ke tengan dengan sasarannya mengarah ke alat vital lawan.


Yeop Jireugi


Pukulan pada teknik ini diarahkan ke samping dengan posisi badan menghadap lurus ke depan.


Chii Jireugi


Teknik pukulan ini diarahkan dari bawah ke atas dan sasarannya yaitu dagu. Teknik ini juga terkenal mirip seperti teknik pukulan uppercut.


Digeutja Jireugi

Pukulan pada teknik ini dilakukan dengan dua tangan sepertu membentuk huruf C. Jadi, satu tangan digunakan untuk memukul ke atas, dan tangan lainnya memukul ke arah perut.

Pyojeok Jireugi


Pukulan ini dilakukan dengan sasarannya yaitu tangan sendiri. Jadi, pukulan ini merupakan pukulan imajiner dengan membayangkan lawan sebagai lawannya.


Dollyeo Jireugi

Teknik ini dilakukan dengan pukulan dari arah depan ke bagian samping kepala lawan.
Teknik Sabetan dan Tusukan


Tidak hanya pukulan saja teknik yang menggunakan tangan, sabetan dan tusukan juga menggunakan tangan dan biasanya menyerah daerah vital lawan. Berikut jenis jenis dari tusukan dan sabetan dalam taekwondo:


Gawison Keut Chireugi

Teknik tusukan ini menggunakan dua jari dan dilakukan ke arah mata.


An son keut Chireugi 

Teknik ini merupakan teknik tusukan satu jari yang mengarah ke mata.


Pyeon son Keut Chireugi

Tusukan ini diarahkan ke ulu hati dengan empat
ujung jari serta posisi tangan vertikal.


Ape son Keut Chireugi

Tusukan mengarah ke leher dengan empat ujung jari.


Ageum son Keut Chireugi

Tusukan / Cekikan yang diarahkan ke leher.


Han Sonnal Mok Chigi

Teknik sabetan tunggal dengan pisau tangan.


Jebi Poom Mok Chigi

Teknik sabetan dari arah luar ke dalam dan disertakan dengan tangkisan pisau tangan ke arah atas


Palkup Dolyo Chigi

Sabetan memutar dengan siku tangan.


Mureup Dolyo Chigi

Sabetan menggunakan lutut ke samping.


Teknik Tangkisan

Dalam taekwondo, tangkisan merupakan hal yang penting untuk menjaga diri dari serangan lawan. Tangkisan ini juga bisa menjadi awal dari serangan mematikan yang dilontarkan ke lawan. Berikut beberapa jenis tangkisan dalam taekwondo:


Video Contoh Dari 5 Tangkisan Dasar Untuk Pemula


Arae Makki

Tangkisan ke arah bawah dengan kepalan.


Eolgol Makki


Tangkisan ke arah atas yaitu menuju arah kepala.


Momtong An Makki



Tangkisan tengah ke arah dalam dengan bagian luar lengan bawah.


Momtong Bakkat Makki

Tangkisan tengah dari arah dalam ke luar dengan bagian dalam lengan bawah.


Batangson Arae Makki

Tangkisan dengan telapak tangan ke arah bawah.


Sonnal Momtong Makki

Tangkisan ke arah tengah dengan pisau tangan.


Batang Son Momtong An Makki

Tangkisan ke tengah dari arah luar dengan bantalan telapak tangan.


Hecho Makki

Teknik tangkisan ganda menuju arah luar

Itulah jurus taekwondo mematikan yang bisa Anda jadikan sebagai senjata dalam taekwondo. Ada banyak istilah dalam taekwondo yang perlu Anda pahami agar setiap latihan dan pertandingan bisa menyesuaikan dengan baik.

0 Komentar