Mengenal beberapa manfaat atau khasiat buah bidara

Sebahagian dari kita kita mungkin sudah pernah mendengar khasiat daun bidara, yang mana daun bidara dikenal tanaman herbal untuk kesehatan dan juga di sebut juga salah satu dari tanaman syurga di dalam Alquran.

Khasiat daun bidara sebahagian kita kita juga munkin sudah banyak yang tahu daun tanaman bidara sangat bermanfaat untuk mengobati berbagai macam keluhan penyakit, dan juga dikenal dapat membantu untuk proses penyembuhan yang kena gangguan jin.

Kali ini kita akan mencoba share artikel tentang buah nya, buah bidara yach sesuai pada judul.

Tanaman ini selain daunya bermanfaat untuk kesehatan, ternyata nya saat oprek oprek di internet cari info seputar buah bidara yang kebetulan penulis punya tanaman ini di halaman rumah, iseng iseng cari khasiatnya ternyata buah bidara juga memiliki khasiat yang tidak kalah penting membantu kebutuhan kesehatan kita untuk di kenalkan. Ingin mengenal atau mengetahui beberapa khasiat dari buah bidara. Yuk kita simak artikel singkat ini berbagi share semoga bermanfaat.

Untuk lengkapnya artikel ini kita dapatkan sumber artkel ini disini yach. sebagai sumber kutipan sudah tayang sesuai info.

🔗 Sumber : orami.co.id

https://www.orami.co.id/magazine/amp/manfaat-buah-bidara

Dalam Bahasa Inggris, buah bidara disebut Jujube. Dalam Bahasa latin buah berukuran kecil berwarna merah ini disebut Ziziphus jujube.

Buah bidara dikenal buah yang berasal dari Asia Selatan yang terkenal di seluruh dunia. Teksturnya berwarna merah kenyal dan rasanya sangat manis. Beberapa orang sering menyebut buah ini sebagai kurma India atau cinta karena memang bentuk dan rasanya dianggap mirip dengan kurma. Buah bidara saat masih dalam keadaan mentah, rasa buah bidara sering dianggap lebih mirip dengan apel

Cara untuk mengonsumsi buah bidara, bahkan hampir sama seperti buah-buahan lainnya. Buah bidara juga dapat dikonsumsi langsung sebagai camilan bergizi. 

Sebahagian ada juga yang di sajikan dalam berbentuk jus , jamu, dan cuka serta ada juga dalam bentuk selai. Buah bidara juga ada di sajikan atau diolah menjadi manisan kering dan dijadikan sebagai campuran makanan penutup atau dikonsumsi langsung sebagai permen.

Hanya saja, juga harus di ingat bahwa buah kering mengandung kalori lebih tinggi dibandingkan dengan buah segar meskipun masih memiliki manfaat saat dikonsumsi.

Lalu, apa saja yang menjadi manfaat buah bidara? Kita ulas beberapa manfaat nya disini

1. Membantu program diet atau Membantu Proses Pencernaan

Manfaat buah bidara kaya akan serat dan karbohidrat yang menjadi sumber energi dan membantu meningkatkan metabolisme untuk menjalani hari.

Kandungan serat yang tinggi dalam buah bidara dapat membantu meningkatkan percernaan. Sekitar 50 persen karbohidrat dalam buah ini berasal dari serat yang bermanfaat untuk pencernaan.

Untuk mendambakan berat badan tubuh idel, buah bidara bisa saja dapat menjadi camilan bergizi bagi yang ingin diet. Karena, buah bidara tidak mengandung lemak dan kaya akan serat, sehingga dapat memberikan efek kenyang lebih lama.

Cara konsumsinya.

Buah ini sebaiknya buang terlebih dahulu bijinya ada di dalamnya karena akan terasa pahit dan tidak enak untuk dimakan.

2. Sering Digunakan Sebagai Obat Herbal

Dalam jurnal Evidence Based Complement Alternative Medicine disebutkan bahwa selain dikonsumsi langsung sebagai buah, manfaat buah bidara juga sering dinikmati setelah diolah menjadi jamu herbal.

Rasa enak saat dikonsumsi secara langsung buah bidara juga sering dijadikan bahan baku herbal obat dalam pengobatan alternatif atau tradisional

Oleh Praktisi pengobatan alternatif percaya bahwa buah bidara dapat meningkatkan kualiItas tidur dan dapat mengurangi kecemasan.

Nah buah bidara cara konsumsinya seperti minum jamu yach, moga ada jamu buah bidara di Dumai, saat ini belum dapat info dimana ya jual jamu buah bidara.?

2. Berdampak Positif untuk Kesehatan Manusia

Menurut data U.S Department of Agriculture menyebutkan buah bidara mengandung protein, karbohidrat, serat, vitamin C dan Potassium. Selain itu, buah ini juga mengandung kalsium dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh

Dalam jurnal National Library of Medicine, disebutkan bahwa  buah bidara sangat menguntungkan karena dapat beradaptasi dengan kondisi kering, tekanan biotik dan abiotik serta berdampak positif untuk kesehatan manusia. 

Ukurannya meski kecil, namun ada banyak sekali manfaat buah bidara untuk kesehatan.

3. Dapat Melindungi Tubuh dari Paparan Radikal Bebas

Buah bidara kaya akan beberapa senyawa antioksidan, seperti flavonoid, polisakarida dan asam triterpenat. Dan tanaman ini  juga mengandung vitamin C yang berguna sebagai antioksidan.

Antioksidan merupakan senyawa yang dapat mencegah dan memperbaiki tubuh yang disebabkan oleh paparan radikal bebas yang berlebihan.

Berbagai macam penyakit seperti diabetes tipe-2, penyakit jantung, kanker dan penyakit kronis lainnya merupakan salah satu dari bahagian dampak yang sebabkan oleh radikal bebas.

4. Dapat Membantu Meningkatkan Kualitas Tidur dan Fungsi Otak

Dalam pengobatan alternatif, manfaat buah bidara sering digunakan untuk mengingkatkan kualitas tidur dan fungsi otak.

Selain itu, para praktisi pengobatan alternatif atau tradisional juga sering menggunakan buah bidara sebagai obat untuk mengurangi gangguan kecemasan.

Seperti yang diketahui, salah satu gejala gangguan kecemasan adalah insomnia atau gangguan tidur. Sementara buah bidara dapat membantu memperbaiki kualitas tidur seseorang dan juga fungsi otak.

Pada suatu penelitian yang dilakukan pada hewan dan juga di dalam laboratorium menunjukkan bahwa manfaat buah bidara dapat meningkatkan daya ingat dan membantu melindungi sel-sel otak dari kerusakan senyawa perusak saraf.

Ada juga suatu penelitian yang juga dilakukan, biji buah bidara yang biasanya tidak pernah dikonsumsi ternyata bijinya memiliki manfaat untuk kesehatan.

Ekstrak biji buah bidara dapat membantu mengobati demensia yang disebabkan oleh penyakit Alzheimer.

Sayangnya, untuk membuktikan manfaat buah bidara untuk kesehatan masih perlu dilakukan penelitian lebih mendalam lagi terhadap manusia.

Sehingga dapat diketahui bagaimana ekstrak buah bidara ini dapat mempengaruhi fungsi otak dan sistem saraf manusia.

5. Membantu Meningkatkan Kekebalan Tubuh dan Melawan Sel Kanker

Manfaat buah bidara lainnya untuk kesehatan adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan sel kanker.

Penelitian laboratorium mencatat bahwa kandungan gula alami atau polisakarida yang ada di dalam buah bidara bermanfaat sebagai antioksidan yang dapat menangkis radikal bebas, menetralkan sel berbahaya dan mengurangi peradangan.

Studi lain juga menemukan bahwa pada buah bidara terkandung lignin yaitu sejenis serat yang bersifat antioksidan kandungan ini dapat meningkatkan produksi sel kekebalan dan sel-sel ini dapat mempercepat proses penetralan senyawa berbahaya yang ada di dalam tubuh manusia

Buah bidara yang kaya akan vitamin C dipercaya dapat menjadi obat antikanker. Sebuah penelitian dengan tikus menunjukan bahwa vitamin C kadar tinggi dapat membunuh sel kanker tiroid.

iklan
SHOP NOW...>

Sementara, tes di dalam laboratorium menunjukan bahwa ekstrak buah bidara dapat membubuh beberapa jenis tipe kanker lain, seperti kanker ovarium, serviks, payudara, usus, dan juga kanker kulit.

Para peneliti percaya bahwa ekstrak buah bidara kaya akan anti oksidan dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Namun, sebagian besar penelitian ini dilakukan pada hewan atau tabung reaksi di laboratorium, sehingga diperlukan lebih banyak penelitian pada manusia sebelum kesimpulan yang tegas dapat ditarik.

Manfaat buah bidara lainnya adalah dapat memperkuat lapisan perut dan usus, mengurangi risiko kerusakan akibat bisul, cedera dan bakteri berbahaya yang mungkin ada di dalam usus dan membantu pencernaan.

6. Membuat Kulit Sehat dan Bercahaya

Karena, kandungan vitamin C dan antioksidan yang ada di dalam buah ini manfaatnya dapat mengurangi efek penuaan pada kulit.

Ini menjadi manfaat buah bidara yang juga tak kalah penting.

Antioksidan dipercaya dapat melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel yang ada di dalam kulit. Sementara, vitamin C dapat membantu mencerahkan dan menyehatkan kulit wajah sehingga kulit semakin sehat dan bebas jerawat

Tak hanya itu, kandungan vitamin C dalam buah bidara juga mampu melindungi kulit terpapar sinar matahari.

7. Baik untuk Kesehatan tulang

Melansir Times of India, buah bidara kering merupakan sumber kalsium dan fosfor yang bermanfaat untuk membantu mengembangkan dan menjaga kepadaatan tulang.

Penderita radang sendi juga disarankan untuk mengkonsumsi buah bidara. Karena buah kecil ini memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat meredakan dan mengurangi pembengkakan pada persendiannya

Nah itulah beberapa khasiat dan manfaat dari buah bidara Namun mesti di ingat juga yach, Meskipun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, buah ini juga dapat memberikan efek samping dalam kondisi tertentu seperti ketika mengalami penyakit mental dan harus konsumsi obat-obatan.

Mengutip Healthline, orang yang sedang mengkonsumsi obat antidepresan seperti venlafaxine atau serotonin-norepinefrin reuptake inhibitor (SSNRI) sebaiknya tidak mengkonsumsi buah bidara. Karena buah ini dapat memengaruhi kerja obat-obatan ini.

Selain itu, sebuah penelitian yang dilakukan dengan menggunakan sebuah tikus membuktikan bahwa ekstrak buah bidara dapat memperkuat efek obat kejang tertentu, seperti fenitonin, fenobarbiton dan karbamazepin.

sudah tahu kan manfaat nya buah bidara untuk kesehatan? Jangan lupa yach share kepada teman teman artikel ini semoga bermanfaat!

  1. interactive connectionhttps://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/28680447
  2. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/31316273
  3. replace texthttps://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/168151/nutrients
  4. interactive connectionhttps://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23641007
  5. interactive connectionhttps://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23861716
  6. interactive connectionhttps://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6209814

0 Komentar