Tips Cara Membuat Teh Daun Bidara


Daun bidara tumbuh subur di pekarangan rumah, saat telah mengetahui khasiat dan manfaatnya daun bidara, wah sayang banget tidak di coba untuk di manfaatkan untuk minuman sehat harian kita dengan cara dijadikan teh.


Tiap pagi minum teh, menarik sekali untuk di coba teh nya dari daun bidara.


Manfaat dan khasiat daun bidara dari beberapa sumber yang diketahui manfaatnya selain membantu proses penyembuhan secara alternatif seperi gangguan jin, dimana dikenal daun bidara merupakan daun yang dianjurkan untuk pengobatan secara Ruqyah daun bidara juga berkhasiat untuk kesehatan sehari hari, seperti, menjaga tekanan darah tinggi, menjaga kesehatan kulit, merawat luka, untuk pencernaan , menjaga tubuh agar tidak terpapar zat radikal bebas, membantu pemyembuhan sembelit, dll masih banyak lagi tentunya daun bidara kaya manfaat untuk kesehatan


Nah ingin memanfaatkan daun bidara yang subur di rumah, bagi yang punya nih bisa dicoba di jadikan teh untuk teman minuman sehat kita yach


Teh dari daun bidara. Yuk kita simak cara membuat nya.


1. Memilih daun bidara yang segar dan hijau untuk di jemur.

Petik daun bidara dan persiapkan untuk di jemur, sebelum dijemur, usahakan di cuci terlebih dahulu.


Proses lamanya daun di jemur di sinar matahari biasanya 3 s/ 4 hari. Yach. Tergantung cuaca juga. Yang perlu diperhatian saat melihat hasil daun selesai di jemur adalah saat daun sudah rapuh, cukup remas daunnya sudah krik, dan pecah pecah.


2. Proses Sangrai

Setelah daun bidara sudah di jemur, saatnya di masak pada kuali dimana dimasak dengan cara sangrai. Sebelumnya daun bidara di hancur kan dulu agar menjadi potongan potongan kecil , cukup remes remes daunnya udah hancur tuh daunnya karna sudah kering.


Sangrai daun pada kuali, api nya jangan besar yach, pake api kecil aja.


3. Proses Simpan di wadah Hasil Sangrai

Nah daun bidara sudah di sangrai, saatnya di simpan di wadah kita, yang biasa kita pake untuk simpanan teh kita. Seperti toples atau box simpanan persedian untuk suatu saat bisa kita buat teh cukup dengan porsi kita untuk minum teh daun bidara. 


4. Proses membuat teh

Stok teh daun bidara sudah tersedia, saatnya kita minum teh. Masak bahan teh sesuai porsi kita untuk minum yach,, 1 gelas atau 2 gelas atau 3 gelas air, sesuai porsi mau minum berapa gelas yang ingin kita buat.

Perbandingan masaknya dari campuran air 1 gelas dengan 1 sendok teh daun yang sudah di sangrai tadi yach.

Air saat di masak bersama bahan teh bidara jika sudah keliatan berubah warna , sesuai kan, ingin pekat atau tidak pekat warna minuman untuk tehnya, sudah bisa untuk di angkat, dan di saring airnya agar terpisah dengan daun teh.


5 Teh Daun Bidara Tinggal di Nikmati.

Nah selesai sudah proses pembuatan teh sehatnya dari daun bidara kaya khasiat bagi yang memiliki tanaman bidara di rumah.


Bagi teman teman yang ingin menikmati teh daun bidara atau membuatnya , sementara tidak memiliki tanaman nya di rumah, saat ini sudah banyak yang menjual daun kering bidara atau yang sudah di sangrai di kemas dalam kemasan 25 gr atau 50 gr, harganya bisa di source di marketplace terkenal, seperti, shopee, tokopedia, bukalapak, dll


Jadi tinggal buat dan nikmati meski tidak ada tanaman bidara di rumah, moga kedepan teman teman ada program nyari bibit nya yach dan di tanam di rumah untuk menu teh sehat alami dari bidara kita cukup dari rumah, tinggal petik aja di rumah.


Demikianlah tips cara membuat teh dengan daun bidara, tunggu apa lagi, yuk cuss segera petik daun dan jemur, saatnya mencoba teh bidara nya jika sudah punya di rumah.


0 Komentar