Mengenal nama nama senjata tradisional Indonesia

Foto sumber: pinterest/moreindonesia.com

Indonesia negara dikenal negara yang kaya dengan budaya dan negara yang majemuk, contohnya keanekaraman budaya seni dan kemajemukan suku bangsa di setiap pelosok negeri, serta bahasa. 

Dari kemajemukan tersebut tentunya menjadi kebanggaan kita bahwa disini kita memiliki kekayaan senjata tradisional yang berasal dari suku suku bangsa yang ada di negara kita

Umumnya, senjata-senjata tradisional itu senjata ciri khas dari suatu suku budaya di indonesia

Kali ini kita akan berbagi postingan berbagi wawasan mengenal nama nama senjata tradisional di Indonesia, dimana kita sebagai warga negara tentunya kita bangga akan keanekaragaman budaya yang memiliki senjata tradisional di setiap suku bangsa di Negara Kita.

Daftar nama nama senjata tradisional Indonesia beserta gambar.

Lalu, apa saja senjata tradisional Indonesia ya?

Berikut ini 11 senjata tradisional Indonesia yang semoga bermanfaat. Yuk kita ke TKP

1. Rencong

rencongaceh
Foto sumber: pinterest/moreindonesia.com

Rencong ini dikenal dari bentuknya seperti senjata pisau dengan gagang khas, dimana mata pisau nya sedikit melengkung menyerupai huruf L. Ukurannya sekitar 10 - 50 cm. 

Senjata rencong merupakan senjata tradisional dari Aceh

2. Kurambik:

karambit
Foto sumber: aliexpress.com

Kurambik ini dikenal dari bentuknya seperti senjata pisau memiliki bentuk seperti kuku macan atau harimau dan berukuran kecil. Biasa digunakan sebagau senjata rahasia untuk melumpuhkan lawan, karena bentuknya yang kecil dan hampir tidak terlihat, dan mata pisau yang unik seperti kuku untuk kepalan tangan, mata pisaunya melengkung dan gagangnya dapat di selipkan jari jari kita beruapa seperti cincin, di gerakkan berputar dan bebas di arahkan oleh tangan.

Senjata kurambik merupakan senjata tradisional dari Sumatera Barat

3. Celurit

celurit
Foto sumber: Instagram/@IG:madura_collection_indonesia

Senjata ini dikenal dari bentuknya seperti parang sabit memiliki pola bilah yang melengkung seperti bulan sabit. Memiliki gagang unik berhias motif identik dengan masyarakat Madura. Ada juga yang gagang nya hanya polos

Senjata celurit dahulu di kenal sebagai senjata untuk pertarungan demi kehormatan diri, banyak dipakai untuk keperluan bela diri Pecak Silat dan ada juga untuk pertanian misalnya untuk memotong rumput serta ada juga menjadi koleksi senjata tajam di rumah di pajang di dinding rumah pemilik celurit. 

Senjata celurit ini merupakan senjata tradisional Jawa Timur senjata khas Suku Madura

4. Parang salawaki

parangsalawaki
Foto sumber: instagram/@IG:parangsalawaku

Padang Salawaki ini dikenal dari bentuknya yaitu pisau yang semakin lebar pada bagian ujung, sementara bagian pangkalnya lebih kecil.

Dan dari bentuknya dikenal Parang berarti pisau besar, sedangkan salawaki berarti tameng. Jadi, parang salawaki adalah senjata khas yang digunakan sebagai tameng untuk melindungi diri dari senjata lawan. Nama parang ini terkadang disebut parang salawaku dimana senjata ini dikenal senjata nya Pahlawan kita yaitu Pattimura saat melawan penjajah Belanda

Senjata Parang Salawaki ini merupakan senjata tradisional dari Maluku.

5. Golok

parangsalawaki
Foto sumber: instagram/@IG:akarbaharkristal

Senjata Golok ini dikenal dari bentuknya terlihat seperti pisau, tetapi dengan ukuran yang lebih besar, Dan Mata pisau yang melebar sampai ke ujungnya. Golok ini kerap di simpan di rumah dan gelar budaya seni silat oleh suku betawi di selipkan di pinggang

Senjata Golok merupakan senjata tradisional dari Jakarta dan menjadi kebanggaan bagi Suku Betawi. 

6. Keris

keris
Foto sumber: Instagram/@IG:pusakakerisnusantara

Senjata keris ini dikenal dari bentuknya memiliki sisi tepi yang berliku sampai ke ujung dengan ukuran yang bervariasi. Bentuk liku dari keris tidak semata-mata dibuat, tetapi berfungsi untuk menimbulkan luka yang fatal saat menembus kulit.

Senjata Keris kerap di kenal senjata sakral dimana bagi penggunanya senjata ini dianggap pusaka suci dan memiliki kekuatan sakral. Senjata ini sering Di selipkan di pinggang Dan kerap menjadi pelengkap Pakaian Adat jawa

Senjata keris merupakan senjata tradisional Jawa

7. Kujang

kujang
Foto sumber: Instagram/@IG :jaya_bangsawinata

Senjata Kujang ini dikenal dari bentuknya seperti pisau memiliki mata pisau yang unik melengkung dengan pisau yang bermotif dapat menembus kulit. Panjang nya sekitar 20-25 cm dan beratnya kurang dari 300 gram.

Senjata kujang dahulu di kenal sebagai peralatan pertanian, senjata pamor dimana pemiliknya hanya golongan tertentu yang memiliki nya,  saat ini senjata ini kerap menjadi koleksi yang sering di buru oleh penggemar senjata tajam. Dan sering di gunakan dalam aksi seni beladiri. 

Senjata keris merupakan senjata tradisional Jawa Barat senjata kebanggaan suku Sunda

8. Badik

badik
Foto sumber: instagram/@IG:mohdfahmiakhir

Senjata Badik ini dikenal dari bentuknya seperti senjata rencong tetapi memiliki mata pisau yang lebih kecil sarung nya unik dan bermotif. 

Senjata Badik dahulu di kenal sebagai senjata untuk pertarungan individu senjata menghujam lawan secara jarak dekat

Senjata Badik merupakan senjata tradisional Sulawesi senjata khas masyarakat Bugis.

9. Sumpit

sumpitdayak
Foto sumber: Instagram/@IG:akudayakborneo

Senjata ini dikenal dari bentuknya bilah berlobang pada sisi dalam nya, menjadi senjata jarak jauh senjata yang di gunakan dengan cara di tiup untuk melumpuhkan Lawan dan pola nya adalah dengan cara memasukkan anak sumpit pada lubang sumpit, lalu meniupnya, Panjangnya antara 1,5 hingga 2 meter dengan gaya jangkau berkisar 200 meter

Anak sumpit menjadi senjata pamungkasnya karena terdapat racun sangat ampuh untuk melumpuhkan lawan.

Senjata sumpit ini merupakan senjata tradisional tradisional Suku Dayak, Kalimantan Utara.

10. Kandik

kapakbali
Foto sumber: instagram/@IG:tiukbali

Senjata ini dikenal dari bentuknya seperti berbentuk kapak besi bermata satu dengan gagang panjang. Senjata ini terbuat dari besi atau baja dengan proses yang tidak biasa. Sebab itu, tidak heran jika kandik sangat kuat. Pegangannya lebih panjang dari kapak biasanya.

iklan
SHOP NOW...>

Kandik kerap di miliki laki-laki Bali digunakan untuk melakukan pekerjaan berat dalam keseharian.

Senjata Kandik ini merupakan senjata tradisional berasal Bali. Dalam milogi Bali, kandik merupakan simbol dari Ayudha Deawata atau senjata para dewa.

11. Tulup

senjatatulup
Foto sumber: instagram/@IG :jadul_reminder

Senjata ini dikenal dari bentuknya seperti Sumpit tetapi dengan ukuran yang lebih kecil. Panjangnya antara 30 hingga 50 cm dengan anak sumpit nya peluru kecil yang terbuat dari kayu (ancar). Tulup berarti sumpitan atau tiup.

Anak sumpit atau peluru nya menjadi senjata pamungkasnya karena peluru tersebut diolesi racun getah pohon tatar terlebih dahulu.

Senjata sumpit ini merupakan senjata tradisional berasal dari Nusa Tenggara Barat.

Nah Demikianlah beberapa daftar nama senjata senjata tradisional Indonesia yang kami coba share dan kenalkan lewat artikel kita di situs, semoga bermanfaat