Tips Instal Android Studio terkini dan Membangun Aplikasi Bagi Pemula


Membangun Aplikasi dengan source codingan sendiri syarat utama nya tentulah bagi kita mesti memiliki perangkat lunak di komputer atau laptop yang siap di gunakan untuk program membuat project android  yaitu android studio.

Android studio merupakan suatu perangkat 
programing resmi berupa IDE (Integrated Development Environment) untuk pengembangan aplikasi Android dan didasarkan pada perangkat lunak IntelliJ IDEA JetBrains . Android Studio menjadi sarana bagi pengembang android untuk menghadirkan program androidnya.

Nah disini kita bertemu kembali di tutorial share dari abjo Dumai bagaimana cara memiliki perangkat tersebut untuk dapat di gunakan ? 

Bagi teman teman disini kita share y'all semoga bermanfaat bagi teman teman yang kebetulan ingin belajar membangun aplikasi tentunya kita harus meng instal perangkat tersebut dengan langkah langkah sbb

Pertama sekali kita mesti kenal dulu PC atau laptop Kita apakah memiliki syarat rekomendasi atau sebagai prasyarat untuk dapatnya android studio kita bekerja dengan baik di PC atau Laptop kita.  PraSyarat rekomendasi nya disini

Spesifikasi perangkat komputer atau laptop RAM minimal,  Layar minimum,  penyimpanan sesuai sbb:

RAM minimal 3GB. 
Direkomendasikan 8GB RAM.
Minimal 2 GB penyimpanan yang tersedia. Direkomendasikan 4 GB (500 MB untuk IDE dan 1,5 GB untuk Android SDK dan sistem emulator)
Resolusi layar minimum 1280 x 800.

Jika sudah sesuai dan siap untuk install disini secara step by step tutorial install android studio sebagai proses teman teman untuk membuat aplikasi melalui android studio,  semoga bermanfaat.

Install file android studio

tempat memgambil link untuk download Android Studio bisa di cari di browser google nya ketik install android studio, dianjurkan untuk mengambil link nya dari situs terpercaya,  disini sudah di kenalkan oleh google sendiri melalui link developer android studio. 

Setup link disini Developer Android

Setelah tampil halaman dari link tersebut, ketahui terlebih dahulu kategori perangkat version komputer atau laptop teman teman, yaitu version windows dan Bit.

Disini kita contohkan jika perangkat kita adalah windows 10. Bit 64. 

Instal saja link yang memberikan tanda di table link untuk type perangkat bit 64 windows 10.

Setelah membuka link install sesuai version Di komputer atau laptop teman tenant,  lalu centang saja persetujuan syarat dan ketentuan, untuk syarat dapatkan perangkat android studio nya siap unduh atau di Download.

selagi menungu komponent sedang berjalan dalam unduhan teman teman bawa ngupi dulu y'all,  Karena proses install komponen cukup lama juga yach karena begitu besar nya ukuran file untuk sebuah perangkat yaitu android studio

OK setelah terinstall klik next lalu klik finis.
Setalah tampil halaman instruksi pilihan seperti dibawah ini  centang Do Not Import Setting  dan klik next,  nah perangkat akan di pasangkan SDK di komputer atau laptop.

Langkah selanjutnya setelah SDK terpasang maka akan tampil halaman dialog lalu klik next dan pilih standart pada halaman yang tampil.  

Selanjutnya kita dapat mengenai custom tampilan perangkat kita,  sesuaikan pilihan jika ingin tampilan gelap,  pilih Dark stay jika ingin tampilan terang pilih Light. 

Setelah itu perangkat akan mendowload thema yang di pilih,  nah setelah selesai akan tampil halaman start saatnya dapat di gunakan untuk memulai membuat suatu project android. 

Cukup mudah bukan, untuk install dan setup perangkat Android Studio nya dalam rangka persiapan membangun berbagai aplikasi dengan desain dan kodingan mandiri kita, jadi tidak pada layanan instans cukup pesan dan beli aplikasi atau berbayar tinggal drog droll saja. Butuh kemauan dan belajar serta kerja keras agar dapat membuat aplikasi hasil karya sendiri, semoga lancar berproses ya teman teman.

Demikianlah lah cara setup atau install android studio semoga bermanfaat.  Good kita persiapkan belajar dan praktek untuk membuat android di tutorial selanjutnya. 

Terima kasih telah berkunjung selamat berlatih di android studio nya. 

0 Komentar