8 Tips Jualan Online di Instagram yang wajib di baca

Saat ini pengguna media sosial sudah semakin banyak, salah satunya adalah instagram. Nah berikut akan kami berikan tips jualan online di instagram.

Hal ini tentunya membuka peluang bagi anda yang ingin menjalankan bisnis online, dan salah satu media sosial yang sangat cocok untuk memperkenalkan atau promosi online adalah instagram. Dimana di dalam aplikasi ini anda bisa menawarkan produk dalam sajian gambar, video lengkap dengan tulisan yang akan menambah menarik promo penjualan produk anda. Anda tertarik? Silakan anda simak pembahasan mengenai tips jualan online di instagram yang akan kami sampaikan berikut ini.


8 Tips Jualan Online Di Instagram Yang Wajib Anda Baca

Ada beberapa tips berjualan online di instagram yang harus anda ketahui, untuk lebih jelas dan lengkapnya silakan simak pembahasan di bawah ini.


1. Memiliki HP yang mendukung kualitas Gambar dan Video bagus

Ini merupakan hal pertama yang wajib anda lakukan, memang hal ini membutuhkan modal dan biaya yang lumayan besar. Tapi perlu anda ketahui, bahwa untuk memulai dan menghasilkan bisnis yang sukses dibutuhkan pengorbanan yang lebih. Terlebih di instagram sendiri lebih mengutamakan gambar dan video yang menarik dan bagus, tentunya dengan memiliki HP sendiri akan memudahkan anda dalam mengambil gambar maupun video yang nantinya bakal dijadikan sebagai bahan promosi bisnis online di instagram.


2. Membuat akun khusus



Cara berbinisnis di instagram selanjutnya yang wajib anda lakukan yaitu dengan membuat akun khusus, yang dimaksud akun khusus dalam hal ini adalah sebuah akun yang tidak menggunakan akun pribadi, melainkan akun yang hanya di khususkan untuk menjual dan memasarkan produk atau bisnis anda. Hal ini selain bermanfaat untuk menjaga privasi anda, juga akan bermanfaat dalam memudahkan memasarkan produk. Selain itu dengan membuat akun khusus akan memudahkan anda dalam mengelola bisnis anda.


3. Lengkapi profil anda dengan data yang jelas

Langkah selanjutnya yang tidak kalah penting yaitu informasi profil yang jelas. Dimana anda harus memperhatikan beberapa hal di bawah ini, sebagai bahan acuan untuk melengkapi profil bisnis anda, yaitu meliputi:


Nama: untuk nama sendiri, silakan anda gunakan nama Brand jualan dari produk anda.

Biodata : untuk biodata sendiri silakan anda isikan secara singkat mengenai produk anda, dan jangan lupa untuk menambahkan tanda Hastag (#). Sehingga pengunjung akan mudah dalam menemukan akun milik anda.


Website : silakan anda cantumkan juga alamat website dari produk.


No Telepon : silakan anda isikan dengan nomor telepon yang masih aktif dan bisa dihubungi, akan lebih baik jika nomor telepon tersebut sudah tersambung dengan berbagai macam media sosial. 


Foto profil : untuk foto profil sendiri, silakan anda isikan dengan gambar produk atau logo mengenai brand yang sudah anda siapkan sebelumnya.


4. Mencari follower yang banyak

Nah setelah anda selesai membuat akun dan profil sudah lengkap, cara jualan online agar cepat laku selanjutnya yaitu dengan cara menambah follower. Karena memang follower di sini sangat berperan penting, tanpa adanya foloower berarti tidak ada orang yang melihat produk kita. Cara termudah untuk menambah follower yaitu dengan cara mengikuti atau memfollow akun yang sejenis dengan produk yang anda tawarkan.


Tentunya dari sekian banyakfollower tersebut memiliki ketertarikan yang sama dengan produk yang anda tawarkan. Lakukan langkah ini secara bertahap dan sabar, nah setelah akun anda memiliki follower sampai dengan angka ribuan baru anda memposting dan memasang foto yang menarik, sehingga orang akan mudah untuk memfollow akun anda.

5. Upload foto yang banyak dengan isi konten menarik


Langkah ini masih kelanjutan dari langkah sebelumnya, dimana setelah anda mendapatkan jumlah follower yang banyak. Tentunya anda di tuntut untuk memposting dan mengenalkan produk apa yang ingin anda jual. Agar orang lain tertarik dengan produk anda, silakan anda posting foto yang bisa membuat orang merasa tertarik. Banyak sekali cara untuk menyuguhkan gambar agar bisa menjadi suatu gambar menakjubkan.

Dan perlu anda ingat, bahwa memposting gambar bagus juga harus di imbangi dengan deskripsi kata-kata promosi yang menarik atau caption buat instagram pada setiap kali anda memposting foto. Hal ini tujukan untuk memperjelas apa maksud dari postingan anda. Selain itu anda bisa memposting gambar yang masih berkaitan dengan produk anda, misalkan anda memiliki bisnis online penjualan baju. Maka anda bisa memposting juga bagaimana cara berbusana yang menarik. Dengan begitu orang yang memfollow anda juga akan mendapatkan manfaat dari akun anda.




6. Poles foto agar menarik

Sebenarnya hal ini masih berkaitan dengan hal di atas, dimana sebelum anda benar-benar memposting produk. Sebaiknya anda lakukan pemolesan foto agar bisa menjadi lebih menarik lagi. Banyak sekali cara yang bisa anda lakukan, misal dengan menambahkan diskon atau promo pada deskripsi foto produk. Selain itu untuk memudahkan akun anda dilihat banyak orang, maka anda bisa dengan menambahkan hastag (#) pada setiap kali memposting produk.


7. Pasang foto testimoni dari pelanggan

Ketika produk anda sudah ada yang tertarik untuk membelinya,  maka meminta testimoni pelanggan sangat penting sekali. Dimana testimoni pelanggan disini akan sangat membantu dalam penjualan produk anda dan sebagai cara beriklan di instagram. Biasakan agar selalu menjaga hubungan baik dengan setiap pelanggan, karena memang pada dasarnya pembeli adalah raja. Selain memasang foto testimoni dari pelanggan anda juga bisa menambahkan foto paket pengiriman serta bukti pengirimnya. Dengan begitu setiap kali ada orang yang tertarik dengan produk anda akan merasa percaya dengan apa yang anda tawarkan.


8. Share produk dan tag serta berikan respon maksimal kepada pelanggan

Cara jualan online di instagram selanjutnya yaitu dengan cara mengeshare, tag, dan memberikan respon maksimal ke pelanggan. Biasakan agar setiap kali memposting produk untuk melakukan share serta tag teman. Anda tidak perlu melakukan tag teman yang banyak, cukup dengan 3 sampai 5 orang agar produk anda di anggap bukan spam. 


Dalam hal ini anda bisa menge tag teman yang mungkin berminat untuk membeli produk. Tapi perlu di ingat agar tidak melakukan tag tersebut ke teman yang sama, karena hal tersebut akan membuat konsumen merasa terganggu.


Biasanya setelah anda mengeshare produk akan banyak orang yang melihat produk yang anda tawarkan. Dalam hal ini penting sekali agar anda selalu memberikan respon maksimal ke setiap pelanggan. Contohnya seperti ada pelanggan yang bertanya, maka usahakan dengan cepat anda menjawabnya. Hal ini juga termasuk ke dalam bagian marketing produk.

Usai sudah ulasan lengkap mengenai tips jualan online di instagram, bagaimana sudah paham bukan? Manfaatkan media sosial saat ini untuk hal-hal yang berguna dan menguntungkan.


Teknologi internet yang sudah semakin berkembang tidak bisa di pungkiri lagi, dan saat ini banyak sekali orang yang memanfaatkan kemajuan internet tersebut untuk berbagai macam tujuan. Baik untuk mencari informasi,  melihat video, bermain game, sampai dengan untuk ladang penghasilan. Dan penggunaan internet yang sudah sangat populer adalah untuk berbagai macam aplikasi media sosial. Terlebih aplikasi media sosial saat ini sudah mengalami kemajuan dan perkembangan yang sangat pesat. Saatnya Manfaatkan Instagram anda untuk mengikuti Tips Diatas. Selamat mencoba

0 Komentar