Tips Memilih Tempat Latihan Taekwondo

Tempat latihan taekwondo ada banyak dan tersebar di seluruh penjuru Indonesia baik di kota besar maupun kota kecil. Jadi, tidak ada alasan untuk Anda tidak belajar taekwondo. Berikut ulasannya


Taekwondo adalah seni bela diri yang dipertandingkan dalam Olimpiade. Bela diri asal korea selatan ini berpusat pada gerakan kaki dan tangan. Taekwondo merupakan bela diri yang menggabungkan teknik bela diri, olahraga, perkelahian, dan hiburan. Tidak perlu khawatir akan cidera, karena taekwondo sendiri menerapkan prinsip kehati-hatian serta keselamatan. Ada banyak tempat latihan taekwondo yang semuanya mengutamakan keselamatan taekwondoin dalam berlatih


Dalam taekwondo lebih terkenal dengan tendangannya yang sempurna. Seni bela diri yang menekankan tendangan ini dilakukan dari suatu sikap bergerak. Sikap ini menggunakan daya jangkau dan kekuatan kaki yang lebih besar untuk melumpuhkan lawan dari kejauhan. Pada suatu pertandingan taekwondo, tendangan secara berputar, tendangan 45o, tendangan depan, tendangan kapak dan tendangan samping banyak digunakan dan diajari oleh sabelum guru taekwondo.


Sama seperti seni bela diri yang lainnya, pada taekwondo juga memiliki ucapan salamnya sendiri. Ucapan salam taekwondo memiliki filosofinya sendiri sesuai dengan visi dan misi bela diri. Dalam berlatih taekwondo, Anda juga akan berlatih secara sistem atau menyeluruh mulai dari pukulan dan tangkisan dengan tangan. Namun, pada seni bela diri ini tidak menekankan pergulatan. Adapun tempat latihan taekwondo yang bisa Anda temui di Indonesia adalah sebagai berikut:

Dolke Rayyan Taekwondo


Dolke Rayyan Taekwondo merupakan klub taekwondo yang berada di Kota Dumai, Riau,Indonesia. Didirikan oleh Asrizal pada tahun 1 April 2013 dan berjalan sampai saat ini. Sistem pelatihannya dibuka seara umum. Namun, jika menginginkan privat latihan baik untuk personal maupun kelompok tentu bsia dilakukan


Untuk materi dalam pembelajarannya juga menyesuaikan sesuai kebutuhan. Tidak perlu ragu untuk anda yang baru memulai, maka bisa latihan disini. Sampai saat ini, sudah begitu banyak yang bergabung dengan klub ini. Bahkan, banyak yang sudah berprestasi di cabang taekwondo. Tentunya, sangat direkomendasikan bagi anda yang ingin latihan lebih jauh mengenai taekwondo. Untuk alamatnya berada di Jl. Soebrantas No. 29 ( Area Dojang Unit Latihan Dishub Dumai) No Hp: 0821 6934 8922

Taekwondo Modus Club

Taekwondo Indonesia di Bogor ini merupakan salah satu klub taekwondo tertua di Indonesia. Maurits Dominggos di tahun 1968 datang dari Belanda ke Indonesia dan membuka Jakarta Taekwondo Club di Jakarta. Dari sinilah cikal bakal berdirinya tarkwondo modus club di tahun 1975 oleh Sabeum Nim Maurits Dominggos. Modus ini merupakan singkatan dari nama Maurits Dominggos dan sekarang taekwondo Modus Club sudah tersebar di berbagai kota di Indonesia. Alamat dari Taekwondo Modus Club yang ada di Bogor berada di Jl. Pemuda No 2, dan Jl. Pondok Rumput No 9.

ASCI Taekwondo Khalifah Club

Ada banyak jenis olahraga yang bisa Anda pelajari di Active Sport Center Indonesia (ASCI). Jenis olahraga yang bisa dipelajari di sana, seperti renang, taekwondo, panah, hingga berkuda. Di ASCI Taekwondo Khalifah Club banyak melahirkan atlet-atlet berbakat karena dilatih oleh taekwondo profesional dan berprestasi. Sebut saja Cepi Firmansyah, ia telah meraih medali perunggu di SEA Games 2003. Di ASCI Taekwondo Khalifah Club tidak hanya melatih fisik saja, melainkan membinanya dari segi rohani. Alamat di Bogor ada di Kompleks Ruko Pemukiman Bukit Az Zikra, dan di Jl. Sahkoya

Everest Taekwondo Academy

Siapa yang tidak kenal dengan Everest Taekwondo Academy? Nama yang telah melejit ketika dinobatkan sebagai juara umum ketiga pada Delta Open ke-5 di tingkat nasional pada tahun 2015 ini mencuri banyak perhatian orang. Salah satu atlet terbaiknya yaitu Adrian Kaiser Hakiki Potu yang mendapat predikat atlet terbaik di ajang Delta Open ke-5 pada tahun 2015 tersebut. Jika Anda berasal dari Bogor dan ingin bergabung, maka bisa menuju Jl. Tegar Beriman, Tengah, Cibinong, Bogor

Buara Taekwondo Metro Jaya Group

Tempat latihan Buara Taekwondo Metro Jaya Group berdiri sejak 2003. Tempat berlatih taekwondo ini sudah berhasil mengumpulkan sebanyak 215 medali sejauh ini. Dari banyaknya medali tersebut tentu tidak lepas dari peran pelatih yang sudah eksis dalam dunia taekwondo tingkat nasional. Nama Buara sendiri adalah singkatan dari Bumi Mutiara, dimana jalan tempat dojang ini berdiri. Buara Taekwondo Metro Jaya Group terletak di Jl Bumi Mutiara, Bekasi Selatan, Jawa Barat.

KPM Focus Taekwondo Kota Bogor

Taekwondo KPM Focus sendiri merupakan gabungan dari lembaga KPM (klinik pendidikan MIPA) dan unit latihan Focus. Penggabungan tersebut dimulai pada tanggal 8 November 2014. Ada 13 tempat latihan dari KPM Focus yang tersebar di seluruh Bogor. Pada tanggal 18 hingga 20 Februari 2016, KPM Focus telah menyumbang 4 Medali Emas, 2 Medali Perak, dan 1 Medali Perunggu di kejuaraan tingkat provinsi sebagai perwakilan kota Bogor. Salah satu alamatnya ada di Jl. Raya Laladon, Ciomas, Bogor

SACTI Club Taekwondo Indonesia

Di SACTI Club Taekwondo Indonesia mengembangkan taekwondo Indonesia dari segi kualitas dan kuantitas. Dari segi kuantitas, club ini selalu membuka unit latihan yang baru dan menjaga unit latihan yang lama agar selalu berkembang dan berprestasi. Di SACTI Club Taekwondo Indonesia memiliki beberapa unit latihan yang tersebar, berikut adalah unit latihan tersebut:

Bintaro Jaya Taekwondo

Salah satu unit latihan SACTI Club yang sudah cukup lama dan tersebar luas adalah unit latihan Bintaro Jaya Taekwondo. Unit ini didirikan pada tanggal 14 April 1991 oleh Sabeumnim Temy Nasution dan Sabeumnim Syarief Nasution.

Di Bintaro Jaya Taekwondo selalu menerima calon taekwondoin baru di berbagai macam usia. Pada unit latihan ini telah menciptakan banyak atlet taekwondo dan di sana telah ada 70 taekwondoin sabuk hitam. Lokasi Bintaro Jaya Taekwondo ini ada di lapangan parkir Sekolah Pembangunan Jaya di Jl. Bintaro Utama 3A, Sektor III Bintaro Jaya.

Unit Dragon Taekwondo

SACTI Club telah membuka 2 unit latihan taekwondo yang ada di Jakarta Utara dan sekitarnya. Unit tersebut adalah Dragon Taekwondo yang beralamat di Jl. Boulevard Raya Blok RA 1/12, Kelapa Gading, Daerah Jakarta Utara. Pada 2 unit latihan taekwondo tersebut memiliki pelatih yang bertanggung jawab yaitu Sabeum Yolla dari anggota satuan BRIMOB.

Gatam Taekwondo Club

Club yang berasal dari Lampung ini memiliki pendiri dan ketua umum sekaligus yaitu Indrawansyah. Gatam Taekwondo Club mempunyai kegiatan rutin yaitu latihan yang terletak di Korem 043 Garuda Hitam pada sabtu dan minggu pukul 10.00 hingga pukul 16.00. Ada juga latihan di hari yang lain dalam satu minggu tersebut di tempat yang tidak menentu, seperti di sekolah maupun kampus. Junior akan diajarkan pengenalan bela diri yang praktis, kedisiplinan, attitude, event-event kejurnas, dan lain-lain.

Gatam Taekwondo Club juga tersebar di beberapa tempat di Lampung, seperti di Lampung Selatan, Lampung Tengah, Pesawaran, dan Bandar Lampung. Selain latihan rutin, Gatam Taekwondo Club juga mengadakan event Liga Profesional yang dilakukan setiap 2 bulan sekali. Adapun tempat berlangsungnya berbeda-beda, seperti di Korem 043 Garuda Hitam. Event ini diikuti oleh seluruh atlit taekwondo yang bertujuan untuk menyeleksi mereka dan dikirim ke event nasional.

Unlimited Hosting WordPress Developer Persona 

Nah, di atas merupakan beberapa tempat latihan taekwondo yang bisa Anda temui. Masih ada banyak lagi tempat latihan yang tidak bisa disebutkan di atas terutama taekwondo Jakarta. Jika Anda ingin serius dengan seni bela diri taekwondo dan ingin mengikuti pertandingan tingkat nasional maupun internasional. Maka, langkah awal yang perlu Anda lakukan yaitu dengan latihan di tempat latihan taekwondo dan mengasah kemampuan hingga siap mengikuti pertandingan.

0 Komentar