7 Tips Jualan Online Bagi Pemula

Inilah 7 Tips Jualan Online Bagi Pemula Yang Wajib Di Ketahui

Anda memiliki keinginan untuk memulai bisnis online, tapi masih takut gagal! Jangan khawatir, berikut akan kami berikan beberapa tips jualan online bagi Pemula

Seperti yang kita ketahui saat ini perkembangan dunia teknologi sudah semakin pesat, tentunya di balik perkembangan teknologi tersebut terdapat sisi positif dan negatifnya. Untuk itu penting sekali agar anda menyikapinya dengan bijak, dimana anda bisa memanfaatkan perkembangan teknologi sebagai ladang bisnis yang menguntungkan. Dan yang sedang populer saat ini yaitu bekerja online dengan cara memperjualbelikan produk, dan seperti yang kita ketahui bersama jika bisnis ini tidak akan pernah habis oleh waktu.

Dengan kata lain jika anda memiliki keinginan untuk memulai bisnis, maka bisnis online terbaru adalah pilihan yang tepat. Banyak sekali cara untuk menawarkan produk yang anda miliki, karena memang saat ini sudah banyak media sosial yang digunakan untuk transaksi online. Selain itu jual beli online juga di anggap sebagai salah satu transaksi yang sangat mudah dan tidak ribet, hal itu akan sangat membantu dalam meningkatkan profit keuntungan anda. Nah untuk memuluskan jalan anda dalam bisnis ini, ketahui tips jualan online bagi pemula yang akan kami sampaikan berikut ini.

Inilah 7 Tips Jualan Online Bagi Pemula Yang Wajib Di Ketahui

Pada dasarnya banyak sekali cara memulai bisnis online dari nol yang bisa anda terapkan, tapi jika anda masih bingung. Silakan anda simak beberapa tips jualan online bagi pemula di bawah ini.


Sudah siap mental dan fisik

Hal pertama yang perlu anda lakukan yaitu menyiapkan mental dan fisik yang sudah matang. Hal ini akan sangat berpengaruh sekali ketika bisnis yang anda lakukan sudah mulai berjalan. Biasanya dalam sebuah usaha akan memiliki naik turun, untuk itu penting sekali agar anda menyiapkan mental yang matang terlebih dahulu. Agar nantinya ketika terjadi sesuatu hal yang tidak di inginkan, anda sudah bisa menerimanya dengan lapang dada. Selain menyiapkan mental yang matang, tentunya dalam sebuah usaha dibutuhkan juga modal.


Fokus dalam satu kategori

Sebelum anda memulai bisnis jual beli secara online, maka hal selanjutnyayang wajib anda lakukan yaitu menentukan produk apa yang ingin anda jual. Karena memang hal ini akan sangat berpengaruh sekali terhadap bisnis anda ke depannya. Untuk bisa mengetahui jenis kategori produk yang sesuai, anda bisa melakukannya dengan cara riset atau peninjauan produk terlebih dahulu. Dan saat ini banyak sekali jenis bisnis online gratis yang bisa anda coba kembangkan.

Setelah di rasa cocok kategori tersebut, jangan langsung memutuskan untuk memulai bisnis tersebut. Karena masih banyak faktor lagi yang harus anda perhatikan, salah satunya adalah target pasar. Target pasar yang dimaksud dalam hal ini yaitu konsumen yang ingin anda tuju, tentunya dengan menggali target pasae secara maksimal akan memberikan anda keuntungan yang besar.


Memilih supplier dengan cermat dan tepat

Ketika anda sudah bisa memutuskan dan menentukan kategori yang sesuai dan ingin anda kembangkan bisnisnya, maka langkah selanjutnya yang perlu anda lakukan yaitu dengan cara mencari supplier barang atau produk. Walaupun dalam hal ini bisnis yang ingin anda lakukan dibuat sendiri, tapi untuk bisa mendapatkan bahan-bahan yang digunakan, tentunya membutuhkan bahan dengan kualitas yang terjamin.

Hal tersebut bisa anda dapatkan dengan mencari supplier produk yang sesuai dengan kebutuhan produk anda. Ada dua pilihan yang bisa anda pilih dalam dunia binis online yaitu sistem Dropshiper  atau sistem Reseller. Ketika anda memilih sistem Reseller  biasanya anda harus menyiapkan modal terlebih dahulu, tapi ketika anda memilih sistem Dropshiper,  dimana layanan ini merupakan salah satu cara bisnis online shop tanpa modal. Dimana yang dibutuhkan hanyalah koneksi internet saja, jadi dalam hal ini penting sekali agar anda memilih sistem bisnis online yang tepat dan dengan cermat.


Informasi kontak yang jelas

Dalam usaha bisnis online tentunya informasi kontak yang tertera sangatlah berpengaruh dan berperan penting. Mengapa kontak sangat penting? Karena dengan memberikan informasi kontak yang jelas akan memudahkan pelanggan untuk menghubungi anda jika mereka tertarik dengan produk yang anda tawarkan. Untuk itu penting sekali agar anda memberikan informasi kontak yang jelas dan bisa di hubungi.

Anda bisa memberikan nomor telepon yang masih aktif, baik untuk online chat maupun manual chat. Selain itu anda bisa memberikan sebuah aplikasi khusus yang ditujukan langsung untuk menghubungi anda ketika anda orang yang ingin membeli produk milik anda. Nah setelah informasi kontak sudah tertera dengan jelas, maka anda perlu memberikan respon dengan maksimal. Hal ini sangat penting sekali untuk menjaga kepuasan pelanggan terhadap layanan milik anda.


Lakukan promosi barang atau produk milik anda

Cara menjual barang online dengan cepat selanjutnya yaitu dengan cara melakukan promosi ke berbagai macam tempat. Saat ini untuk mempromosikan produk secara online sangatlah mudah, dimana anda bisa mengenalkan bisnis anda melalui media sosial sampai dengan platform khusus untuk online shopping. Lakukan promosi dengan maksimal, usahakan agar memberikan tampilan yang menarik dan bagus. Sehingga pelanggan akan mudah tertarik dengan produk yang anda tawarkan.


Lakukan inovasi produk

Ketika usaha bisnis online yang sudah anda jalankan menemui titik terang, dan sedikit demi sedikit mengalami kemajuan. Maka langkah penting yang harus anda lakukan yaitu mencoba berinovasi dan melakukan pengembangan mengenai produk milik anda. Banyak sekali hal yang bisa anda lakukan pengembangan, dalam hal ini penting sekali agar anda melakukan riset mengenai layanan anda, karena mungkin masih ada sesuatu kekurangan.

Contoh mudahnya dalam dunia bisnis yaitu soal pembayaran, dimana anda bisa menyediakan fasilitas pembayaran online melalui berbagai macam kartu debit atau kartu kredit. Hal ini ditujukan untuk mengantisipasi jika ada salah satu pelanggan yang menggunakan kartu debit atau kartu kredit berbeda dengan apa yang anda tawarkan. Untuk itu penting sekali agar anda melakukan inovasi terhadap bisnis atau layanan yang sedang anda jalankan.

Belajar dari kegagalan dan menjadi ahlinya

Bagi anda yang mungkin sudah mencoba bisnis online yang menguntungkan dan masih mengalami kesahalan dan kegagalan, maka jangan langsung putus asa. Karena banyak sekali pepatah yang mengatakan di balik kegagalan terdapat kesuksesan yang tertunda. Selain itu dengan adanya kegagalan anda bisa mengerti dan memahami dimana letak kesalahan dari bisnis yang anda jalankan sebelumnya. Tentunya hal tersebut bisa menjadi pengalaman berarti untuk menuju kesuksesan.

Selain belajar dari kegagalan, anda juga perlu mencari seseorang yang sudah ahli dalam dunia bisnis online. Karena memang seseorang yang sudah ahli dalam dunia bisnis online, tentunya sudah memiliki pengetahuan dan pengalaman yang luas. Anda bisa belajar banyak hal dari sumber tersebut, dimana ketika terjadi suatu kesalahan anda bisa menanyakannya. Karena memang memiliki mentor bisnis sangat penting untuk membimbing bisnis anda agar bisa berjalan dengan lancar.

Usai sudah ulasan lengkap mengenai tips jualan online bagi pemula, bagaimana anda sudah yakin untuk memulai bisnis onlone? Maka kiat-kiat sukses yang sudah kami sampaikan diatas sangat penting sekali agar anda perhatikan dan terapkan.